Minggu, 09 Desember 2012

Cara menurunkan tensi darah / hipertensi



Cara menurunkan tensi darah / hipertensi
Penyakit hipertensi adalah penyakit yang banyak dialami masyarakat dan efeknya bisa merembet ke ginjal, hati,atau organ lainnya, sebetulnya yang paling utama dibutuhkan dimasyarakat adalah informasi/edukasi tentang hidup sehat, sehingga diharapkan masyarakat dapat bertindak prefentif/pencegahan dari pada mengobati, karena saat ini masyarakat lebih cendrung berobat daripada pencegahan, bahkan tahu informasi bila sudah ada yang jatuh sakit.
Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, salah satunya adalah perubahan gaya hidup. Dengan berkembangnya jaman, gaya hidup masyarakat cenderung berubah menjadi gaya hidup yang kurang aktif berolahraga. Pola makan yang tidak sehatpun menjadi faktor risiko terjadinya hipertensi.
Untuk menurunkan hipertensi, penderita biasanya hanya melakukan pengobatan biasa. Padahal menurut penelitian, perubahan gaya hidup sangat berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah, bahkan ada yang mengatakan bahwa perubahan gaya hidup yang benar lebih efektif dibanding hanya minum obat.

Berikut adalah cara mudah menurunkan tekanan darah:
1.      Rajin berolahraga 30 menit/hari
2.      Makan makanan tinggi kalium : pisang, kentang dengan kulitnya, orange juice dan yoghurt rendah/tanpa lemak
3.      Kurangi asupan garam
4.      Berhenti merokok
5.      Jika gemuk, turunkan berat badan
6.      Hindari minum alkohol
7.      Hindari stress
8.      Ikuti kelas senam
9.      Kurangi minum kopi/ kafein
Cara-cara di atas mudah dilakukan dan dapat dipraktikkan oleh segala umur. Bagi yang tidak menderita hipertensipun, disarankan untuk mulai mengubah gaya hidupnya ke arah yang lebih baik agar nantinya tidak terserang hipertensi. Hidup sehat dimulai dari diri anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar