Minggu, 14 Oktober 2012

tips cara merawat baju batik yang tepat

tips cara merawat baju batik yang tepat merupakan salah satu budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan saat ini perkembangannya sudah makin mendunia , banyak yang menyukai produk batik. Dari kain batik,baju batik, kaos batik atau aksesoris dari batik lainnya. Pembuatan yang rumit terutama batik tulis dan nilai seni yang tinggi , kadang menyebabkan harga produk batik ini menjadi mahal, juga dalam merawat batik, memerlukan perawatan khusus Berikut ini adalah beberapa tips sederhana merawat batik, agar tak pudar dan awet indahnya;
  1. Saat mencuci, sebaiknya produk batik tak dicampur dengan pakaian lain yang bukan batik. Menggunakan detergen dapat membuat warna batik cepat pudar, jadi sebaiknya menggunakan sabun lerak atau sabun yang khusus digunakan untuk mencuci batik.
  2. cukup dikucek perlahan saja kain batik Anda  ,Jangan gunakan mesin cuci
  3. Jangan diperas untuk menghilangkan air pada batik, sebab akan membuat batik lecek. Biarkan saja air menetes hingga kering dengan sendirinya.
  4. Penjemuran kain batik jangan langsung dilakukan di terik sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja
  5. Untuk menyetrika, pakai suhu setrika yang hangat, tak terlalu panas agar warna kain tak cepat pudar dan serat kainnya tak rapuh.
  6. Jika Anda menyimpan kain batik di lemari, maka secara berkala beberapa bulan sekali keluarkan dan angin-anginkan. Ini menghindari tumbuhnya jamur dan ngengat yang memakan kain koleksi Anda tersebut.
  7. Beri merica, atau akar wangi yang dibungkus kain pada lemari penyimpanan batik, agar ngengat atau binatang pemakan kain tak muncul di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar